Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email
Juni 13, 2021 2:30 pm

Bupati dan Wakil Bupati Nabire Purna Tugas, Sekda Jabat PLH Bupati: Ini Kesan dan Pesan Isaias-Amirulla

Serah Terima Jabatan Bupati Nabire dari Pejabat Lama Kepada Pelaksana Tugas Harian Bupati Nabire, Rabu (17/2/21). Foto: Humas Setda Nabire

HUMAS.NABIREKAB.GO.ID – Bupati Kabupaten Nabire, Isaias Douw, S.Sos., MAP dan Wakil Bupati Nabire, Amirullah Hasyim, S.IP., MM mengakhiri masa jabatan periode tahun 2016-2021 per tanggal 17 Februari 2021.

Acara purna tugas digelar di halaman kantor Bupati Nabire dalam acara bertema “Serah Terima Jabatan Bupati Nabire dari Pejabat Lama Kepada Pelaksana Tugas Harian Bupati Nabire dan Pelepasan Purna Tugas Bupati dan Wakil Bupati Nabire Periode Tahun 2016-2021”, Rabu (17/2/21).

Acara serah terima dan purna tugas dihadiri oleh usur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopumda), Pejabat Eselon II dan III, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, para kepala distrik, serta sejumlah pejabat instansi vertikal.

Pada acara ini dibacakan Formulir Berita Gubernur Provinsi Papua Nomor:T-131/1871/SET yang isinya menunjuk Sekretaris  Daerah Kabupaten Nabire, Daniel Maipon, S.STP  sebagai Pelaksana Tugas Harian Bupati Nabire.

Pejabat Eselon II dan II Kabupaten Nabire yang hadir pada Peserta Acara Serah Terima Jabatan Bupati Nabire dari Pejabat Lama Kepada Pelaksana Tugas Harian Bupati Nabire. Foto: Humas Setda Nabire.

Dalam sambutannya, Isaias dan Amirullah menyampaikan sejumlah program dan kebijakan yang telah dilakukan  selama lima tahun.

“Program prioritas utama dan pertama kami adalah stabilitas keamanan daerah karena daerah aman semua kegiatan dapat berjalan lancar. Jadi, selama kepemimpinan kami Nabire aman. Saya harap ke depan agar siapa pun pemimpinnya harus menjaga stabilitas keamanan Nabire,” kata Isaias.

Program Bandar Udara dan Pelabuhan Laut, kata Isaias, “Selama 5 tahun kami telah berusaha dan telah menjadi aset nasional dan untuk Bandara Karadiri sedang dikerjakan sehingga dipastikan selesai awal 2022. Sementara Pelabuhan penumpang dan pelabuhan kontainer telah disatukan di Samabusa dan  telah dikerjakan sehingga siap beroperasi.”

Program lain,  kata Isaias, pemekaran provinsi Papua Tengah. “Pemekaran Papua tengah saya sendiri sebagai ketua tim dan kami telah berjuang. Sekarang sudah disetujui pemerintah pusat. Kita tunggu kapan dan ibu kotannya akan ditempatkan di mana. Untuk Nabire kami telah siapkan semua syarat, kita berdoa saja.”

“Sejumlah program prioritas lain yang kami tetapkan sudah kami kerjakan. Namun, dari program prioritas itu,  stadiun olahraga belum terealisasi karena persoalan lokasi. Jadi, saya minta agar lokasi yang sudah ada itu milik pemerintah jadi dinas teknis segera buat pagar agar dibangun oleh Bupati selanjutnya.”

“Dari aspek layanan dasar, dapat dilihat dari kemajuan aspek makro ekonomi misalnya pertumbuhan ekonomi, PDRD, dan jumlah ekspor yang naik dari tahun ke tahun. Jumlah kemiskinan juga telah menurun yaitu dari 41 ribu pada 2015 menjadi 37 ribu pada tahun 2020. Aspek harapan hidup, aspek pendidikan dan kesehatan serta sosial budaya menunjukkan trend membaik. Hal ini dilihat dari naiknya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang pada tahun 2016 adalah 65 menjadi 66,5 pada tahun 2020,” kata Isaias.

Unsur Forkopimda yang hadir pada Peserta Acara Serah Terima Jabatan Bupati Nabire dari Pejabat Lama Kepada Pelaksana Tugas Harian Bupati Nabire. Foto: Humas Setda Nabire.

Berkenaan dengan pencapaian tersebut, Isaias menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukungnya.

“Setiap pemimpin ada masanya dan setiap masa ada pemimpinnya. Setiap pemimpin ada kebihannya dan setiap pemimpin ada kekurangannya. Oleh karena itu, secara tulus, kami menyampaikan terima kasih kepada seluruh ASN, TNI/Polri dan seluruh masyarakat Nabire atas dukungannya, baik secara langsung maupun tidak langsung  selama masa kepimpinan kami. Program dan kebijakan yang baik menjadi berkat bagi kita semua dan kami harapkan dilanjutkan oleh Bupati selanjutnya,” kata Isaias.

“Kami adalah manusia biasa, apabila ada kekurangan selama memimpin Nabire, kami mohon dimaafkan,” kata Isaias.

Isaias dan Amirullah berpesan agar seluruh ASN, TNI/Polri dan Masyarakat agar selalu menjaga stabilitas keamanan daerah dan selalu mematuhi protokol kesehatan Covid-19. “Saya pesan jaga stabilitas keamanan daerah, jaga keragaman daerah, rawat empat pilar bangsa dan patuhi protokol covid-19,” kata Isaias.

Sekretaris Daerah Nabire, Daniel Maipin, S.STP., usai serahterima sebagai PLH Bupati Nabire menyampaikan, “PLH Bupati adalah amanat undang-undang agar tidak terjadi kekosongan kepemimpinan. Jadi bisa dua hari,  satu minggu, dua minggu, bisa satu bulan sambil menunggu Penjabat Bupati atau Bupati definitif.”

“Saya atas nama pribadi dan seluruh ASN serta seluruh  masyarakat kabupaten Nabire menyampaikan terima kasih kepada Bapak Isaias Douw dan Amirullah Hasyim atas kepemimpinan selama lima tahun. Kami tidak akan lupa semua program dan kebijakan yang telah sukses dilaksanakan. Kami mendokan agar Bapak berdua selalu sehat dan bisa menjadi berkat bagi masyarakat dengan tugas lain di waktu-waktu mendatang. Kami juga mohon maaf apabila ada hal-hal yang kurang berkenan di hati bapak Isaias dan Amirullah selama kebersamaan kita sejak 2016 sampai 2021,” kata Maipon.

Acara serahterima dan purna tugas Bupati dan Wakil  Bupati dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dan diakhiri dengan foto bersama. (humas.nabirekab.go.id).

 

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Berita lainnya

Salah satu aspek penting dalam pembangunan tanah Papua adalah informasi yang benar, jujur, dan obyektif, yang diperoleh melalui mekanisme yang benar dan diperoleh dari sumber yang kompeten dan kredibel serta jika dipublikasikan maka dipublikasikan melalui media jelas alamat redaksinya, ada boks redaksi di medianya, dan wartawannya jelas nama dan orangnya.” Yermias Degei, Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Nabire.