Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email
Oktober 29, 2020 4:46 pm

Sambutan

Tanggal :

Nomor Surat :

Diterbitkan oleh :

SAMBUTAN BUPATI NABIRE PADA ACARA PELANTIKAN PIMPINAN TINGGI UTAMA MADYA, PEJABAT PRATAMA, PEJABAT ADMINISTRATOR DAN PEJABAT PENGAWAS DI LINGKUNGAN PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN NABIRE

Nabire, Rabu,  22  Juli 2020, di Aula Gereja KSK Meriam Nabire

YANG SAYA HORMATI:

  • REKAN-REKAN ANGGOTA FORKOPIMDA KABUPATEN NABIRE;
    WAKIL BUPATI;
  • SEKRETARIS SEKDA NABIRE;
  • KEPALA BADAN KEPEGAWAIAN, DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA APARATUR KABUPATEN NABIRE;
  • PARA ASISTEN SERTA STAF AHLI;
  • PARA PIMPINAN OPD DI LINGKUNGAN PEMDA KABUPATEN NABIRE;
  • PARA PEJABAT YANG BARU SAJA DIAMBIL SUMPAH JABATAN DAN DILANTIK;
  • UNDANGAN DAN HADIRIN YANG BERBAHAGIA;

 

  • ASSALAMU’ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH
  • SELAMAT SORE DAN SALAM SEJAHTERA BAGI KITA SEMUA,
  • OM … SWASTI ….. ASTU
  • NAMO BUDAYA
  • SALAM KEBAJIKAN
  • SYALLOM

MENGAWALI SAMBUTAN INI, SAYA MANGAJAK KITA SEMUA UNTUK MEMANJATKAN  PUJI DAN SYUKUR KEHADIRAT TUHAN YANG MAHA KUASA, KARENA ATAS PENYERTAAN-NYA,  KITA BISA  HADIR DI TEMPAT INI DALAM RANGKA MENGHADIRI PENGAMBILAN SUMPAH JABATAN DAN PELANTIKAN PEJABAT TINGGI UTAMA MADYA, PEJABAT PRATAMA, PEJABAT ADMINISTRATOR DAN PEJABAT PENGAWAS, DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN NABIRE DALAM KEADAAN SEHAT DAN WALAFIAT.

HADIRIN DAN UNDANGAN YANG KAMI HORMATI,

PEMBERLAKUKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 5 TAHUN 2014 TENTANG APARATUR SIPIL NEGARA (ASN), MEMBAWA PERUBAHAN TERHADAP KEBERADAAN PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS) TERMASUK DI DALAMNYA PENENTUAN PERSONIL DALAM JABATAN.

PRINSIP DASAR UNDANG – UNDANG INI ADALAH MEMBERLAKUKAN SISTEM MERIT MELALUI BERBAGAI KETENTUAN, SELEKSI DAN PROMOSI BAGI PARA APARATUR SIPIL NEGARA YANG DILAKSANAKAN SECARA ADIL DAN KOMPETETIF, KARENA PARA PERSONIL YANG MENDAPAT KEPERCAYAAN MENDUDUKI JABATAN LAYAK DAN SUDAH TERPENUHI BERBAGAI KETENTUAN.

MELALUI PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 18 TAHUN 2016 MEMBUAT SELURUH DAERAH, BAIK PROVINSI MAPUN KABUPATEN / KOTA, HARUS JUGA  MENYESUAIKAN PERANGKAT DAERAHNYA MASING-MASING.

KONSEKUENSI ITULAH YANG KITA LAKSANAKAN MELALUI PENGAMBILAN SUMPAH JABATAN DAN PELANTIKAN HARI INI, YANG  PADA PRINSIPNYA, DILAKUKAN SESUAI DENGAN KEBUTUHAN ORGANISASI SAAT INI.

BUKAN KARENA FAKTOR LAIN,  ATAU HAL-HAL LAIN YANG BERSIFAT SUBJEKTIF.

HADIRIN DAN UNDANGAN YANG KAMI HORMATI,

SISTEM MERIT ADALAH KEBIJAKAN DAN MANAJEMEN ASN YANG DIDASARKAN PADA KUALITAS, KOMPETENSI DAN KINERJA TANPA MEMBEDAKAN LATAR BELAKANG POLITIK, RAS, SUKU, MAUPUN AGAMA

MUTASI JABATAN ADALAH SALAH SATU UPAYA PENYEGARAN BAGI PEJABAT, SEDANGKAN PROMOSI JABATAN ADALAH SALAH SATU BENTUK PENGHARGAAN YANG DIBERIKAN PEMERINTAH KEPADA PEGAWAI NEGERI SIPIL YANG TELAH MEMENUHI BERBAGAI PERSYARATAN TERTENTU.

DENGAN DEMIKIAN  JABATAN BUKANLAH HAK, AKAN TETAPI MERUPAKAN AMANAT DARI PEMERINTAH YANG BERISI SERANGKAIAN TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB YANG HARUS DILAKUKAN DAN DIPERTANGGUNGJAWABKAN.

DALAM RANGKA PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN YANG BAIK DIPERLUKAN BIROKRASI YANG BAIK, DIMANA BIROKRASI DAPAT BERJALAN DENGAN BAIK, BILA PEJABATNYA ORANG YANG BAIK PULA.

PEJABAT YANG SAAT INI DILANTIK ADALAH PEJABAT YANG MENGEMBAN AMANAT SEBAGAI BIROKRASI YANG BAIK, SEHINGGA DIHARAPKAN DAPAT MEWUJUDKAN KEPERINTAHAN YANG BAIK PULA.

PARA PEJABAT YANG HARI INI DILANTIK, MERUPAKAN APARATUR SIPIL NEGARA TERPILIH, APARATUR YANG SAAT INI DINILAI DARI BERBAGAI ASPEK, MEMILIKI KOMPETENSI YANG DIBUTUHKAN UNTUK MENGEMBAN TUGAS DAN TANGGUNGJAWAB DALAM JABATAN.

YANG DIAMANATKAN, APARATUR YANG DIPANDANG CAKAP DAN MAMPU MEMPERCEPAT TERWUJUDNYA TUJUAN ORGANISASI, MAUPUN VISI  MISI PEMERINTAH KABUPATEN NABIRE.

UNTUK ITU, KAMI UCAPAN SELAMAT, ATAS KEPERCAYAAN YANG DIBERIKAN MASYARAKAT, DAERAH, BANGSA DAN NEGARA, MELALUI PELANTIKAN HARI INI.

PERLU DIPAHAMI  DAN DIINGAT DENGAN BAIK, BAHWA SETIAP JABATAN YANG DIAMANAHKAN KEPADA SETIAP APARATUR SIPIL NEGARA TENTUNYA DIIKUTI OLEH HARAPAN BESAR YANG  DIGANTUNGKAN MASYARAKAT, DAERAH DAN PEMERINTAH DAERAH.

JAGALAN KEPERCAYAAN YANG DIBERIKAN INI, AGAR BENAR-BENAR BERKONTRIBUSI POSITIF, BAGI PERCEPATAN PENINGKATAN KINERJA PERANGKAT DAERAH MASING – MASING, SEHINGGA PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN, DAN PEMBANGUNAN, SERTA PELAYANAN MASYARAKAT, TERLAKSANA DENGAN BAIK DAN SEMAKIN BERKUALITAS DARI SEBELUMNYA.

APALAGI SAAT INI, TUNTUTAN MASYARAKAT TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS KINERJA ASN, BERTAMBAH BESAR DAN SEMAKIN KOMPLEKS.

SELANJUTNYA, SAYA BERHARAP KEPADA SAUADARA-SAUDARA PEJABAT YANG BARU DILANTIK, AGAR MEMPERHATIKAN HAL-HAL SEBAGAI BERIKUT:

PELAJARILAH SELURUH ATURAN YANG MERUPAKAN DASAR PELAKSANAAN TUGAS, MULAI DARI PERATURAN BUPATI, PERATURAN DAERAH DAN SEBAGAINYA,  SAMPAI DENGAN UNDANG – UNDANG, KARENA DENGAN DIPAHAMINYA ATURAN TERSEBUT DIHARAPKAN DAPAT MEMPERMUDAH PELAKSANAAN TUGAS, DAN MENGHINDARKAN KITA DARI PERMASALAHAN – PERMASALAHAN HUKUM.

SEGERA MELAKSANAKAN KONSOLIDASI TERHADAP PEGAWAI YANG ADA DI LINGKUNGANNYA MASING – MASING, LAKSANAKAN FUNGSI – FUNGSI KEPEMIMPINAN, DENGAN TETAP MELAKUKAN KONSULTASI KE ATAS, SERTA KOORDINASI KE SAMPING SEHINGGA TERJADI SINERGI TERHADAP PELAKASANAAN TUGAS – TUGAS KEPEMIMPINAN,

YANG PERLU DIIINGAT, BAHWA TERTIB ADMINISTRASI ADALAH ASAS UTAMA DALAM PELAKSANAAN PEMERITAHAAN SAAT INI, ARTINYA SEMUA KEGIATAN YANG DILAKSANAKAN DAPAT DIPERTANGGUNG JAWABKAN.

SAYA JUGA INGATKAN BAHWA SEMUA ASN YANG DILANTIK HARI INI AGAR PELAJARI DAN BEKERJA SESUAI DENGAN VISI DAN MISI PEMERINTAH KABUPATEN NABIRE.

HADIRIN DAN UNDANGAN YANG KAMI HORMATI,

BERKENAAN DENGAN PELAKSANAAN PILKADA KABUPATEN NABIRE YANG SEDANG BERLANGSUNG SAAT INI, SAYA MINTA KEPADA PARA PEJABAT YANG DILANTIK SAAT INI DAN KEPADA SELURUH ASN AGAR IKUT MENJAGA DAN MENCIPTAKAN STABILITAS KEAMANAN DAERAH DAN TERUS MERAWAT EMPAT PILAR BANGSA AGAR PILKADA BERJALAN DENGAN AMAN DAN SUKSES.

SAYA JUGA TEGASKAN BAHWA SELURUH ASN HARUS TETAP MENGEDEPANKAN NETRALITAS DALAM PELAKSANAAN PILKADA. ASN HARUS MEMBERIKAN CONTOH YANG BAIK DALAM MENCIPTAKAN IKLIM DEMOKRASI YANG BAIK BAGI SELURUH MASYARAKAT.

HARUS DIINGAT BAHWA SEMUA CALON YANG AKAN MAJU DALAM PILKADA NABIRE ADALAH PUTRA DAN PUTRI  TERBAIK NABIRE, OLEH KARENA ITU BIARKAN MEREKA BERKOPETISI SECARA SEHAT DAN DEWASA. ASN YANG AKAN IKUT TERLIBAT DALAM PILKADA AKAN DIBERIKAN SANGSI SESUAI DENGAN PERATURAN PERUNDANGAN YANG BERLAKU.

DEMIKIAN BEBERAPA HAL YANG DAPAT SAYA SAMPAIKAN, SEKALI LAGI SAYA UCAPKAN SELAMAT BERTUGAS DAN DAPAT MENGAMBAN TUGAS DENGAN BAIK DAN PENUH TANGGUNGJAWAB.

 

SEKIAN DAN TERIMA KASIH.

BUPATI NABIRE

ISAIAS DOUW, S.SOS., MAP

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email