Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email
Oktober 28, 2020 6:33 am

Ini Amanat Bupati Nabire dalam Pidato HUT ke-75 RI yang Dibacakan di Tingkat Distrik

Bupati Nabire, Isaias Douw, S.Sos., MAP. Foto: humas.nabirekab.go.id

HUMAS.NABIREKAB.GO.ID – Upacara peringatan HUT ke-75 Proklmasi Kemerdekaan Republik Indonesia tingkat Kabupaten Nabire digelar sederhana, khidmat, dan sukses dengan mematuhi protokol kesehatan Covid-19 di lapangan Kantor Bupati Nabire, Senin, 17 Agustus 2020, Pukul 09.00 WIT.

BACA JUGA: Upacara HUT ke-75 RI Tingkat Kabupaten Nabire Digelar Sederhana, Khidmat, dan Sukses

Upacara kemerdekaan kali ini tanpa amanat inspektur upacara sesuai dengan arahan pemerintah pusat.  Amanat atau Pidato Bupati Nabire, Isaias Douw, S.Sos., MAP hanya dibacakan pada upacara yang digelar di tingkat distrik. Apa ini pidato Bupati Nabire yang dibacakan di tingkat distrik?

Perayaan Sederhana, Makna Tak Berubah

Bagian awal pidato tertulisnya yang dibacakan di tingkat distrik tersebut, Bupati Nabire, Isaias Douw, S.Sos., MAP menjelaskan, alasan mengapa HUT ke-75 Proklmasi Kemerdekaan Republik Indonesia dipusatkan di kantor Bupati dan dilakukan secara sederhana.

“Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia memerintahkan  bahwa HUT RI tahun ini dilaksanakan dengan sederhana, khidmat, sangat minimalis dan mematuhi protokol kesehatan covid-19. Oleh karena itu, upacara HUT RI yang sedang kita langsungkan pada hari ini, baik di tingkat distrik dan di tingkat  kabupaten Nabire tentunya dengan mengacu kepada pedoman pusat.”

“Walaupun perayaan HUT RI tahun ini sederhana dan minimalis untuk mengantisipasi penularan Pandemi covid-19, makna dari HUT RI tahun ini dan tahun-tahun sebelumnya tetap sama, yaitu mengenang, mensyukuri dan memaknai  kemerdekaan negara kita pada tanggal 17 Agustus 1945 silam, yang telah diraih dengan perjuangan yang panjang dan berat, dengan memakan korban harta benda dan nyawa rakyat Indonesia,” kata Bupati Isaias dalam sambutannya.

“Dengan semangat kesatuan dan persatuan itulah, kita pertahankan dan melanjutkan perjuangan para pendiri bangsa ini, yaitu dengan cara terus mengisi pembangunan di segala bidang sesuai dengan talenta yang tuhan berikan kepada kita masing-masing,” ajaknya.

Isaias menekankan, “Persatuan tidak akan mungkin terjadi tanpa kesediaan menerima perbedaan dan kesungguhan untuk saling melengkapi dan menyayangi sebagai,  satu bangsa: bangsa indonesia, satu bahasa: bahasa indonesia, dan satu tanah air: tanah air Indonesia.”

 Arti Tema HUT ke-75 RI

“Tema HUT ke-75 RI tahun 2020 ini adalah ‘Indonesia Maju’.  Tema ini terdiri dari dua kata, yakni Indonesia dan Maju yang memilki makna bahwa Indonesia kini telah berkembang maju dan akan terus berkembang maju di masa depan. Kemajuan di masa depan tentunya akan kita capai dengan komitmen, kerja keras dan bersatuan seluruh rakyat Indonesia,” kata Bupati Isaias.

Tema ini, jelas Isaias, “Selain sebagai tantangan juga sebagai sebuah komitmen untuk maju ke depan, membangun diri, membangun kampung, membangun distrik dan membangun kabupaten. Karena, kemajuan diri dari segala aspek akan berdampak  pada kemajuan kampung dan kemajuan kampung tentunya akan berdampak pada kemajuan distrik dan  tentu saja perkembangan dan kemajuan kabupaten kita, kabupaten  Nabire akan ikut berdampak besar pada kemajuan bangsa dan negara kita, Indonesia,” kata Isaias dalam pidato tertulis itu.

Oleh karena itu, ajak Isaias, “Saya mengajak seluruh lapisan masyarakat kabupaten Nabire untuk ikut mengambil peran  dan tanggungjawab dalam  membangun diri dengan hal-hal yang baik, membangun kampung dan ikut ambil bagian dalam pembangunan kabupaten Nabire agar Nabire semakin maju di segala sektor dan segala bidang di saat ini dan di masa depan.”

“Salah satu langkah nyata yang harus dilakukan oleh seluruh komponen di kabupaten Nabire, menurut Bupati Isaias adalah mendukung berbagai program nasional, provinsi dan pemerintah  kabupaten Nabire dan menjaga stabilitas keamanan daerah serta merawat empat pilar bangsa, yakni Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, Undang-Undang Dasar 1945 dan NKRI. “

Stabilitas Keamanan dan Pilkada

Pada kesempatan ini, kata Bupati Isaias, “Saya ingin memberikan apresiasi kepada seluruh lapisan masyarakat, ASN, TNI dan Polri yang selama ini mendukung segala program pemerintah daerah serta telah menjaga dan menciptakan stabilitas keamanan daerah sehingga penyelanggaraan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat  serta seluruh aktivitas masyarakat di kabupaten Nabire berlangsung dengan baik dan aman.”

“Saya harapkan, kita terus mendukung semua program yang dilakukan oleh pemerintah daerah dan terus menjaga stabilitas keamanan daerah di masa-masa mendatang,” ajak Bupati Isaias.

“Berkenaan dengan pelaksanaan Pilkada kabupaten Nabire pada 9 Desember  2020 mendatang, saya minta kepada seluruh masyarakat, para kandidat calon bupati dan wakil bupati, partai politik, jajaran penyelenggara Pilkada (KPUD dan Bawaslu), Polri dan TNI, serta seluruh ASN agar tetap menjaga stabilitas keamanan daerah serta menjung-junjung tinggi peraturan perundangan yang berlaku dalam pelaksanaan Pilkada,” pinta Isaias.

Secara khusus, Isaias berpesan kepada ASN dan penyelenggara Pilakda agar menjaga netralitas dalam pesta demokrasi ini.

“Anda adalah ujung tombak dalam memberikan teladan dalam menciptakan demokrasi yang sehat dan kedewasaan berpolitik bagi masyarakat kita di Nabire.”

Era Normal Baru Covid-19

Berkanaan dengan tanggap darurat Covid-19 di kabupaten Nabire, Bupati Isaias dalam pidato tersebut menegaskan bahwa pandemi Covid-19 di Indonesia pada umumnya dan di kabupaten Nabire belum berakhir. Hingga hari ini, kasus terkonfirmasi positif di kabupaten Nabire telah mencapai 65 kasus.

“Berkenaan dengan ini, pemerintah daerah, seluruh gugus tugas sudah, sedang dan terus akan bekerja keras untuk memutus mata rantai ini. dan, kita semua belum tahu kapan pandemi Covid-19 ini akan berakhir. Oleh karena itu, pemerintah telah mengambil kebijakan untuk menerapkan  kehidupan normal baru atau dikenal dengan istilah new nomrmal. kehidupan normal baru di kabupaten Nabire akan kita terapkan awal september mendatang.”

“Kehidupan normal baru adalah kebiasaan hidup yang semua aktivitas akan berjalan normal tetapi dengan mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Protokol kesehatan covid-19 ini artinya, seluruh masyarakat tanpa terkecuali  wajib memakai masker ke mana pun anda pergi, selalu cuci tangan, selalu jaga jarak dengan orang lain, jaga stamina tubuh dengan makanan sehat dan olahraga,” jelas Bupati Nabire.

“Saya juga minta kepada seluruh masyarakat kabupaten Nabire untuk kembali berkebun memanfaatkan lahan-lahan yang masih kosong untuk mengantisipasi krisis pangan dan krisis keuangan akibat pandemi Covid-19,” pinta Isaias.

BACA JUGA: Nabire Bersiap New Normal September 2020, Apa Artinya?

Isaias juga dalam pidatonya berpesan, “Berkenaan dengan pelaksanaan Pilkada dan penanganan pandemi Covid-19 di kabupaten Nabire, saya minta kepada seluruh komponen masyarakat agar tidak terprovokasi atau terpengaruh dengan isu-isu tidak benar yang sering kali beredar di masyarakat dan melalui media sosial. Apabila kita mendapatkan informasi dari orang atau melalui media sosial yang isinya meresahkan atau berasal dari sumber tidak resmi, segera tanyakan  kepada lembaga-lembaga resmi pemerintah agar mendapatkan informasi yang benar.”

Perayaan HUT RI Terakhir dalam Kepimpinannya

“Perayaan HUT  ke-75 RI tahun 2020 ini adalah yang terakhir dalam masa kepemimpinan saya dan pak wakil di kabupaten Nabire. Saya telah dipercayakan oleh masyarakat kabupaten Nabire untuk memimpin selama dua periode sejak tahun 2010. Berkenaan ini, saya secara pribadi, keluarga dan pemerintah daerah menyampaikan terima kasih atas segala dukungan dari seluruh  komponen masyarakat di kabupaten Nabire. Karena, semua kebijakan dan program dapat kita jalankan dengan baik dan aman atas dukungan seluruh masyarakat, terutama telah menjaga stabilitas keamanan daerah ini,” kata Isias.

“Saya harapkan dukungan yang sama, sebagaimana saya alami, dapat diberikan kepada pemimpin daerah ini di masa mendatang. Siapa pun memimpinnya, tanpa dukungan dari masyarakat, terutama dalam menciptakan stabilitas keamanan, maka penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat tidak akan maksimal,” harap dia.

“Saya juga menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat kabupaten Nabire apabila terdapat kekurangan,  biak dalam penyelenggaraan pemerintahan maupun dalam pelayanan kepada masyarakat,” tuturnya.

Terima Kasih Veteran dan Petugas Upacara

“Pada kesempatan ini, secara khusus, saya atas nama pemerintah daerah, mengucapkan terima kasih kepada para veteran dan pejuang kemerdekaan, panitia penyelenggara, aparat keamanan, para petugas upacara, serta adik-adik yang dipercayakan untuk mengibarkan dan menurunkan bendera merah putih, paduan suara dan segenap peserta upacara, atas partisipasinya dalam menyukseskan upacara HUT ke-75 RI tahun 2020 ini,” kata Isaias.

Isaias berharap, “Kerja sama dan kerja keras yang kita tunjukkan pada momentum ini,  kita wujudkan dalam tugas dan tanggung yang yang diembankan kita masing-masing dalam kehidupan sehari-hari. Ingat, kerja kita adalah prestasi dan kemajuan bangsa. Kerja kita adalah kemajuan bangsa dan daerah kita. Mari kita kerja, kerja dan kerja agar kita berkembang maju dan sejahtera menuju Indonesia maju. Karena, kemajuan Indonesia ditentukan oleh kerja dan prestasi setiap warga negara.” (humas.nabirekab.go.id)

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Berita lainnya

Salah satu aspek penting dalam pembangunan tanah Papua adalah informasi yang benar, jujur, dan obyektif, yang diperoleh melalui mekanisme yang benar dan diperoleh dari sumber yang kompeten dan kredibel serta jika dipublikasikan maka dipublikasikan melalui media jelas alamat redaksinya, ada boks redaksi di medianya, dan wartawannya jelas nama dan orangnya.” Yermias Degei, Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Nabire.