Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email
Oktober 28, 2020 6:24 am

Distrik Wanggar Nabire Akan Bangun Alun-alun

Kepala Distrik Wanggar, Otis Monei (paling kanan), saat mengikuti pelantikan pejabat oleh Bupati Nabire – Jubi/Titus Ruban

HUMAS.NABIREKAB.GO.ID – Kepala Distrik Wanggar, Kabupaten Nabire-Papua, Otis Monei, mengatakan akan membenahi struktur dan manajamen kantor yang baru sekitar sebulan dipimpinnya serta membangun alun-alun kota dan pasar daging.

“Sebagai pejabat yang baru saja mengemban amanah di sini, ada beberapa program kerja yang sedang kami rancang, antara lain membenahi struktur dan manajamen kantor serta membangun alun-alun kota dan  pasar daging,” jelas Otis Monei, di Nabire-Papua dilansir jubi.go.id, Kamis (6/8/2020).

Terkait pembangunan alun-alun, Monei mengatakan Distrik Wangar memiliki potensi yang sangat besar di berbagai bidang, baik di pertanian, ekonomi, maupun pariwisata. Untuk itu, pihaknya sedang merencanakan membangun alun-alun di salah satu titik di Distrik Wanggar, yaitu di lokasi bekas pasar yang sekarang sudah tidak digunakan. Tempat itu akan dijadikan sebagai ruang publik.

“Untuk (rencana pembangunan) alun-alun ini, kami sedang menghitung besaran dana yang dibutuhkan. (Pembangunan) akan melibatkan semua potensi yang ada di wilayah ini, dan akan kami koordinasikan dengan pimpinan daerah,” jelasnya

Rencana pembangunan pasar daging, jelas Monei, lantaran rata-rata penduduk di Distrik Wanggar adalah petani dan peternak dan hingga saat ini di Nabire belum ada pasar khusus untuk penjualan daging. Rencananya, pasar ini untuk menampung semua jenis daging, baik sapi, ayam, babi, serta daging lainnya yang layak dijual dan dikonsumsi.

“Selain petani, masyarakat juga beternak. Bagi saya ini potensi sebab belum ada pasar khusus daging di Nabire,” tuturnya.

Untuk itu, lanjut kepala distrik asal suku Wate ini, teknis dan biaya pembangunan sedang dibahas, termasuk modelnya seperti apa nanti.

“Jadi ini beberapa program yang sedang direncanakan. Saya harap kalau sudah berjalan nanti semua elemen, baik pemerintah kampung maupun masyarakat, bisa mendukung karena ini tentunya bermanfaat untuk penduduk di Wanggar,” lanjut Monei.

Wahyudi, seorang warga Kampung Wanggar Sari, Distrik Wanggar, Nabire-Papua, menyambut baik rencana yang sedang disiapkan pemerintah distrik. Dirinya sudah mendengar wacana ini sehingga harapannya agar kepala distrik dan aparatur pemerintahan di Distrik Wanggar dapat mewujudkannya.

“Saya sudah dengar sepintas dari beberapa aparat distrik. Saya rasa ini sangat bagus, jadi bisa diwujudkan. Jangan hanya rencana-rencana saja,” harapnya. (humas.nabirekab.go.id/jubi.go.id)

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Berita lainnya

Salah satu aspek penting dalam pembangunan tanah Papua adalah informasi yang benar, jujur, dan obyektif, yang diperoleh melalui mekanisme yang benar dan diperoleh dari sumber yang kompeten dan kredibel serta jika dipublikasikan maka dipublikasikan melalui media jelas alamat redaksinya, ada boks redaksi di medianya, dan wartawannya jelas nama dan orangnya.” Yermias Degei, Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Nabire.